Doa Masuk Masjid

Doa Masuk Masjid

Melangkah dengan kaki kanan untuk memasuki masjid, sambil membaca doa sbb :

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Alloohummaftahlii abwaaba rohmatika

“Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu”

Doa masuk masjid jika dilihat dari artinya sangat luar biasa sekali, “Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu”. Ketika kita memasuki masjid, tentu kita hanya masuk melalui satu pintu saja. Namun, berdasarkan arti dari doa masuk masjid tersebut, kita memohon kepada Alloh SWT agar dibukakan pintu-pintu (lebih dari satu pintu) rahmat-Nya. Dengan demikian, bisa dipahami bahwa rahmat Alloh SWT itu sangat banyak sekali. Adapun Rahmat Alloh SWT berdasarkan Alquran diantaranya adalah sbb:

  1. AmpunanQ.S 39:53
    ۞ قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُKatakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.
  2. Solusi dari masalah yang dihadapiQ.S 2:155
    وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَDan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,Q.S 2:156
    اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).

    Q.S 2:157
    اُولٰۤىِٕكَ عَلَيْهِمْ صَلَوٰتٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ ۗوَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُهْتَدُوْنَ

    Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.

  3. Harapan Dunia (Sifat Alloh yaitu Arrohman) dan Kemuliaan Akhirat (Sifat Alloh yaitu Arrohim)

Doa masuk masjid sangat dahsyat sekali Hanya dengan memasuki satu pintu mesjid tetapi Alloh SWT membukakan pintu-pintu rahmat-Nya. Oleh karena itu, setiap kita akan memasuki mesjid kita tidak boleh melewatkan doa masuk masjid, terutama pada saat akan memasuki Masjidil Harom.

Doa Masuk Masjid – Memasuki Masjid dengan Pakaian Suci

Mesjid adalah area suci, oleh karena itu bagi siapapun yang ingin memasuki mesjid diupayakan harus menggunakan pakaian yang suci. Dalam hal ini, suci yang dimaksud bukan hanya sekedar terlihat bersih dari penampilan luar saja melainkan bersih luar dan dalam. Maksudnya adalah kita harus menggunakan pakaian yang bersih dan diperoleh dengan cara yang halal. Kita menggunakan pakaian yang bersih tetapi diperoleh dari hasil korupsi, berarti pakaian tersebut bukanlah pakaian yang suci. Dengan demikian, jangan menggunakan pakaian yang tidak suci untuk melaksanakan ibadah. Alloh SWT telah menjelaskan bahwa pakaian terbaik adalah pakaian yang dihasilkan dengan taqwa. Selain itu, kita juga tidak boleh membawa kotorang-kotoran kedalam mesjid. Sehingga pada saat kita akan masuk kedalam mesjid, kita harus memastikan bahwa tidak ada kotoran yang ikut terbawa kedalam mesjid.

Doa Masuk Masjid – Memasuki Masjidil Harom

Pada saat akan masuk ke Masjidil Harom, kebiasaan yang dilakukan oleh jamaah haji atau jamaah umroh adalah membawa alas kaki baik itu sandal maupun sepatu kedalam mesjid. Hal tersebut dilakukan bukan karena tidak ada tempat penyimpanan sandal atau sepatu di lingkungan Masjidil Harom, melainkan karena setelah selesai melaksanakan ibadah di dalam Masjidil Harom  belum tentu kita bisa keluar dan mengambil sandal atau sepatu ditempat semula kita menyimpan. Hal tersebut terjadi, karena beberapa hal diantaranya adalah :

  1. Tidak mengingat lokasi pintu pada saat memasuki Masjidil Harom
  2. Mengetahui lokasi pintu pada saat memasuki Masjidil Harom, tetapi tidak memungkinkan untuk keluar melalui pintu tersebut karena pintu telah ditutup atau hanya diperbolehkan untuk jamaah yang akan memasuki Masjidil Harom saja.
  3. Jamaah keluar dari Masjidil Harom menggunakan pintu terdekat karena akses ke pintu semula pada saat memasuki Masjidil Harom sangat jauh atau padat.

Setidaknya ketiga hal tersebut lah yang menyebabkan para jamaah haji atau umroh yang akan melaksanakan ibadah di dalam Masjidil Harom selalu membawa alas kaki kedalam Masjidil Harom. Oleh karena itu, perlu dipastikan bahwa alas kaki yang kita bawa kedalam Masjidil Harom telah bersih dari kotoran, tentunya diperoleh dengan cara yang halal juga. Namun, untuk lebih berhati-hati, sebaiknya pada saat akan masuk ke Masjidil Harom kita menyimpan alas kaki kita ditempat yang telah disediakan disekitar pintu masuk Masjidil Harom dengan konsekuensi kita harus keluar menggunakan pintu yang sama untuk mengambik kembali alas kaki yang kita simpan.

6 thoughts on “Doa Masuk Masjid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *