Imam Masjidil Haram Tahun 1440 Hijriyah

Imam Masjidil Haram pada tahun 1440 H terdiri dari 8 orang, yaitu Syeikh Salih bin Humaid, Syeikh Abdul Rahman Sudais, Syeikh Saud Shuraim, Syeikh Usamah Khayyat, Syeikh Abdullah Juhany, Syeikh Maher Mu’aiqly, Syeikh Faisal Ghazzawi, dan Syeikh Bandar Baleela. Adapun, pelaksanannya dilakukan secara bergantian sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Statistik Imam Masjidil Haram 1440 H

Berikut adalah data statistik Imam Masjidil Haram selama tahun 1440 H  yang bersumber dari akun facebook @haramainarchives

Statistik Imam Masjidil Harom

Berdasarkan data diatas, diketahui bahwa pada tahun 1440 H, yang paling sering memimpin sholat sebagai imam di Masjidil Haram adalah Syeikh Bandar Baleela sebanyak 363 kali dengan waktu sholat terbanyak adalah sholat ashar. Kemudian diikuti oleh Syeikh Abdullah Juhany sebanyak 340 kali dengan waktu sholat terbanyak adalah sholat subuh. Syeikh Abdul Rahman Sudais adalah Ketua Umum Pengurus Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Pada tahun 1440 H, Syeikh Abdul Rahman Sudais telah memipin sholat sebagai imam di Masjidil Haram sebanyak 126 kali. Adapun  waktu sholat terbanyak yang dipimpin oleh Syeikh Abdul Rahman Sudais adalah sholat Isya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari akun facebook @haramainarchives, pada tahun 1440H ini merupakan pertama kalinya Syeikh Salih bin Humaid mempipin sholat Isya di Masjidil Haram.

Kedelapan Imam tersebut mempunyai ciri khas masing-masing dalam membacakan Ayat Suci Al Quran di dalam sholatnya. Adapun yang paling populer di Indonesia adalah Syeikh Abdul Rahman Sudais. Rekaman  Syeikh  Abdul Rahman Sudais sering diputar diberbagai mesjid di Indonesia. Suara dan bacaan Ayat Suci Al Quran yang dibawakan oleh Syeikh Abdul Rahman Sudais sangat khas sekali, sehingga bisa dengan mudah diingat.

Selain sholat fardu, pada tahun 1440 H juga telah dilaksanakan sholat sebagai berikut :

  1. Sholat Istisqa pada tanggal 16 Safar 1440 H dengan imam Syeikh Abdul Rahman Sudais.
  2. Sholat Gerhana pada tanggal 15 Jumadil Awal 1440 H dengan imam Syeikh Bandar Baleela.
  3. Sholat Gerhana pada tanggal 13 Dzulqodah 1440 H dengan imam Syeikh Abdullah Juhany.
  4. Sholat Idul Fitri pada tanggal 1 Syawal 1440 H dengan imam Syeikh Salih bin Humaid.
  5. Sholat Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah 1440 H dengan imam Syeikh Saud Shuraim

 

One thought on “Imam Masjidil Haram Tahun 1440 Hijriyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *