Tempat di Masjidil Haram yang Harus Diketahui

1. Pintu Masjidil Haram

Tempat di Masjidil Haram yang pertama kali harus diketahui adalah Pintu Masjidil Haram. Pintu Masjidil Haram merupakan salah satu tempat yang harus kita ketahui, karena melalui pintulah kita akan keluar masuk Masjidil Haram. Perlu diketahui, pintu Masjidil Haram sangat banyak sekali. Terdapat berbagai macam akses masuk ke Masjidil Haram, diantaranya adalah pintu masuk yang langsung ke area Kabah, pintu masuk khusus ke lantai atas (rooftop), dan tentunya ada pintu masuk khusus jamaah perempuan. Perlu diperhatikan, karena area Masjidil Haram sangat luas dan pintunya sangat banyak, untuk menghindari kebingungan yang dapat menyebabkan tersesat, keluarlah dari Masjidil Haram menggunakan pintu yang sama pada saat kita masuk. Hal tersebut bisa kita lakukan dengan cara mengingat nama atau nomor pintu tempat kita masuk tersebut.

2. Kabah

Tempat di Masjidil Haram yang harus diketahui selanjutnya adalah tempat Kabah berada. Kabah merupakan kiblat sholat umat islam di seluruh dunia. Kabah berada di dalam area Masjid Al Haram. Bagi yang pertama kali melakukan ibadah umroh, tidak usah khawatir kesulitan untuk menemukan lokasi Kabah ketika masuk ke Masjidil Haram. InsyaAlloh lokasi kabah sangat mudah untuk ditemukan. Namun, belum tentu semua jamaah bisa melaksanakan sholat disekitar Kabah, karena tempat ini merupakan salah satu yang paling banyak dikunjungi oleh Jamaah. Oleh karena itu, kita perlu datang lebih awal, setidaknya satu jam sebelum pelaksanaan sholat fardlu dimulai. Apabila terlambat, kemungkinan besar akses ke area kabah akan ditutup karena sudah penuh.

3. Maqom Ibrahim

Maqom Ibrahim merupakan jejak kaki Nabi Ibrahim A.S. Lokasinya berada disekitar area Kabah, antara pintu Kabah dan hijir ismail.

4. Mataf

Mataf adalah nama tempat untuk melaksanakan tawaf. Pada dasarnya, tawaf bisa dilakukan selama masih berada didalam Masjidil Haram. Dengan demikian, disetiap lantai Masjidil Haram terdapat mataf. Namun, dari setiap lantai, mataf yang paling diminati oleh jamaah adalah lantai yang sejajar dengan Kabah (area Kabah). Hal itu disebabkan karena selain dekat dengan Kabah, sehingga dapat menimbulkan emosional yang berbeda, melaksanakan tawaf di area Kabah putarannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan di area atau lantai lain. Oleh karena itu, area ini selalu dipenuhi oleh jamaah yang melaksanakan tawaf. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mataf adalah tempat untuk melaksanakan tawaf. Oleh karena itu, tidak diperkenankan melaksanakan sholat, duduk dan berkegiatan selain tawaf di area mataf. Kecuali melaksanakan sholat pada saat waktu sholat fardlu dimulai.

5. Tempat Sai (Bukit Shofa dan Marwah)

Shofa dan Marwah merupakan bukit tempat dilaksanakannya Sai. Adapun lokasi Bukit Shofa dan Marwah masih berada di dalam Masjidil Haram. Jika kita berada di area Kabah, Bukit Shofa dan Marwah bisa diakses dengan cara berjalan keluar area mataf melalui gerbang disebelah kanan hijir ismail pada area yang terdapat Maqom Ibrahim, kemudian berjalan naik ke arah kanan.

6. Tempat Wudlu di Masjidil Haram

Tempat wudlu di dalam Masjidil Haram merupakan salah satu tempat yang harus kita ketahui. Dengan demikian kita tidak perlu bersusah payah berwudlu di tempat wudlu yang berada di luar Masjidil Haram. Apabila kita keluar dari Masjidil Haram untuk berwudlu, bisa jadi kita tidak akan bisa masuk kembali ke Masjidil Haram khususnya ditempat yang sama dengan tempat yang sebelumnya, karena akses masuk dari pintu tersebut bisa jadi telah ditutup oleh petugas. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui lokasi tempat wudlu di dalam Masjidil Haram. Lokasi tempat wudlu di dalam Masjidil Haram tepat berada dibawah tangga yang mengarah ke area Kabah. Perlu diperhatikan juga  apakah tempat wudlu tersebut untuk laki-laki atau perempuan, karena tempat wudlu laki-laki dan perempuan terpisah. Namun, selain berwudlu di tempat wudlu, tidak sedikit jamaah yang berwudlu menggunakan air zam-zam melalui keran air zam-zam.

7. Tempat Imam

Rasanya akan penasaran apabila kita melakaanakan sholat di Masjidil Haram tetapi tidak tahu dimana tempat imam memimpin sholat. Setidaknya ada 3 lokasi tempat sholat imam pada saat memimpin sholat di Masjidil Haram. Untuk mengetahui lokasi tempat sholat Imam Masjidil Haram bisa membaca artikel sebelumnya pada link berikut ini.

8. Toilet/WC

Setahu kami, didalam Masjidil Haram tidak ada toilet/WC. Adapun Toilet/WC berada diluar Masjidil Haram. Tidak sulit untuk menemukan toilet/WC di area luar Masjidil Haram, karena setiap WC ditandai dengan nomor dan tulisan WC. Saking mudahnya menemukan WC di area luar Masjidil Haram, biasanya WC dijadikan sebagai tempat titik kumpul grup jemaah yang akan pulang ke penginapannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *