Tempat Sholat Imam Masjidil Haram

Tempat Sholat Imam Masjidil Harom  merupakan salah satu tempat yang paling dicari dan diminati oleh para jamaah, baik jamaah haji maupun jamaah umroh. Tidak sedikit jamaah yang “berebut” agar bisa Sholat dibelakang Imam Masjidil Harom, setidaknya walaupun tidak tepat dishaf pertama, tetapi masih bisa disekitar tempat sholat imam Masjidil Haram pada saat memimpin sholat. Lalu dimanakah tempat atau lokasi Imam Masjidil Harom pada saat memimpin sholat berjamaah? Setidaknya ada 3 tempat yang UmrohMandiri.Net ketahui sebagai tempat Imam Masjidil Harom pada saat memimpin Sholat.

1. Di Depan Kabah

Imam Masjidil Haram Di Depan KabahTempat Sholat Imam Masjidil Haram yang pertama adalah didepan Kabah, tepatnya di depan Kabah antara sudut Hajar Aswad dan Hijr Ismail (Sudut Iraqi). Yang jadi pertanyaan, bagaimana Cara Imam Masjidil Haram menempati tempat sholat untuk memimpin sedangkan seperti yang kita ketahui bahwa tempat tersebut merupakan tempat tawaf (mataf) yang terdekat dengan kabah, terlebih pada area tersebut merupakan salah satu area yang paling penuh karena terdapat Multazam, dan sangat dekat dengan Hajar Aswad. Jawabannya adalah, kurang lebih tiga puluh menit sebelum adzan berkumandang, para petugas mulai mensterilkan tempat tersebut. Pada saat itulah petugas mulai membersihkan lantai mataf yang akan digunakan oleh Imam untuk memimpin Sholat. Pada saat itu juga petugas menutup Hijr Ismail dan membersihkan lantainya. Begitu juga dengan Kabah, pada saat itu petugas membersihkan dan memberi parfum pada bagian-bagian Kabah yang terjangkau. Setelah semuanya dibersihkan dan bagian terdepan dari sekeliling Kabah dikosongkan, tepatnya pada saat Adzan berkumandang, Sang Imam pun datang dengan pengawalan ketat oleh para petugas (Askar).

2. Di Ruangan Khusus

Ruang Khusus Tempat Sholat Imam Masjidil HaramTempat Sholat Imam Masjidil Haram yang ke dua adalah di ruangan khusus. Biasanya, pada saat jamaah Masjidil Haram terlihat sangat penuh, khususnya di Mataf tempat Kabah berada, Imam Masjidil Haram memimpin Sholat di suatu ruangan khusus. Ruangan tersebut sejajar dengan Kabah, bagian terluar dari Mataf, yang disekat oleh dinding-dinding coklat berlafadz Alloh. Tepatnya berada di dekat eskalator Gate Ismail. Jika kita masuk Masjidil Haram dari Gate Ismail, kemudian turun menggunakan eskalator menuju ke Mataf, tepat di sebelah kanan pada saat akan masuk ke area Mataf ada sebuah ruangan yang disekat oleh dinding kayu berwarna coklat yang berlafadz Alloh. Disitulah Imam Masjidil Haram memimpin sholat, biasanya digunakan pada saat jamaah yang tawaf sangat padat sekali seperti pada musim haji.

3. Lantai 2 Masjidil Haram

Tempat Sholat Jenazah Imam Masjidil HaramTempat Sholat Imam Masjidil Haram yang ke tiga adalah lantai 2, yaitu pada saat memimpin sholat Jenazah. Imam Masjidil Haram memimpin sholat jenazah di lantai 2.  Jika kita masuk dari Gate Ismail, langsung belok kanan sebelum eskalator, disitulah Imam Masjidil Haram memimpin sholat jenazah. Biasanya sekitar setengah jam sebelum adzan berkumandang, para petugas mulai mensterilkan dan membersihkan area tersebut. Setelah dibersihkan para jenazahpun di siapkan ditempat tersebut. Setelah Sholat fardu selesai, Sang Imam langsung bergegas menuju tempat tersebut untuk selanjutnya memimpin sholat jenazah tepat didepan para jenazah. Oleh karena itu, dari pemberitahuan sholat jenazah ke pelaksanaan sholat jenazah ada jeda beberapa waktu. Hal itu disebabkan karena Sang Imam harus berpindah tempat dari tempat memimpin sholat fardu, ke tempat jenazah akan disholati.

Itulah tempat-tempat yang biasa digunakan oleh Imam Masjidil Haram pada saat memimpin sholat, setidaknya yang pernah UmrohMandiri.Net alami dan lihat sendiri secara langsung. Semoga Alloh SWT mentakdirkan kita semua untuk melakukan sholat di Masjidil Haram tepat dibelakang imam dalam keadaan sehat wal’afiat. Aamiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *