Tips Sholat di Roudhoh Masjid Nabawi

Roudhoh merupakan salah satu tempat yang paling diminati untuk dikunjungi baik oleh jamaah haji maupun oleh jamaah umroh. Tak heran, karena terdapat beberapa keutamaan yang terdapadat pada Roudoh. Adapun salah satu keutamaannya adalah Roudhoh merupakan salah satu tempat diijabahnya do’a. Oleh karena itu, UmrohMandiri.Net akan berbagi bagaimana agar kita bisa melaksanakan sholat di Roudhoh,

Berikut adalah tips cara sholat di Roudhoh Masjid Nabawi, dalam hal ini yang kita bahas adalah Tips Bagaimana Cara Agar Kita Bisa melaksanakan Sholat di Roudhoh baik sholat sunnah maupun sholat fardlu, khususnya Sholat Isya. Adapun tata cara sholat di Roudho Masjid Nabawi sama saja dengan tata cara sholat di mesjid-mesjid lainnya. Tidak ada yang membedakan dalam hal tata cara sholat.

Cara Agar Bisa Melaksanakan Sholat di Roudhoh

1. Luruskan niat, semata-mata hanya untuk beribadah kepada Alloh SWT.

2. Pastikan sudah dalam keadaan berwudlu.

3. Pastikan perut sudah dalam keadaan terisi, karena agar kita bisa melaksanakan sholat di Roudhoh setidaknya akan melewati 2 waktu sholat wajib (sholat maghrib dan sholat isya).

4. Setidaknya satu jam sebelum waktu Sholat Maghrib, segeralah menuju Masjid Nabawi.

5. Masuk ke Masjid Nabawi menggunakan pintu 3 (posisi pintu ada disebelah kanan bangunan mesjid bagian depan) kemudian sebisa mungkin langsung cari posisi di Roudhoh, jika tidak memungkinkan cari posisi tepat dibelakang Roudhoh dan lakukan Sholat Maghrib di posisi tsb.

a. Jika pada saat masuk menggunakan pintu 3 bisa langsung menuju Roudhoh, pastikan kita berdiri tepat di garis yang ada pada karpet, karena itu merupakan posisi shaf sholat. Jika memungkinkan, lakukan Sholat Sunat Tahiyatul Masjid terlebih dahulu. Jika tidak, segera duduk sambil menunggu waktu sholat magrib datang.

b. Jika pada saat masuk menggunakan pintu 3 tidak bisa langsung menuju Roudhoh, cari posisi tepat dibelakang Roudhoh (melewati sekat putih). Pastikan kita berdiri tepat di garis yang ada pada karpet, karena itu merupakan posisi shaf sholat. Jika memungkinkan, lakukan Sholat Sunat Tahiyatul Masjid terlebih dahulu kemudian menunggu waktu sholat magrib datang. Lakukan sholat maghrib di posisi tersebut.

6. Setelah Sholat Maghrib selesai, Askar akan langsung “mengusir” orang-orang yang telah melaksanakan Sholat Maghrib di Roudhoh. Inilah kesempatan kita menggantikan posisi mereka untuk melaksanakan Sholat Isya di Roudhoh. Oleh karena itu, segeralah kita mencari posisi di Roudhoh. Pastikan kita duduk tepat di garis yang ada pada karpet, karena itu merupakan posisi shaf sholat dan hindari duduk yang sejajar dengan pintu keluar Roudhoh yang ada di depan, dengan demikian kemungkinan “diusir” oleh Askar akan kecil sekali. Karena pada saat mendekati waktu Sholat Isya, Askar akan “mengusir” orang-orang yang tidak duduk/berdiri di Shaf.

7. Setelah duduk mendapatkan tempat di area Roudhoh, pastikan bahwa kita benar-benar di area Roudhoh (Antara Makam Nabi Muhammad SAW dan Mimbar Nabi Muhammad SAW). Jika kita belum mengetahui batas-batas roudhoh secara pasti, pada saat menuju roudhoh pastikan setidaknya kita berada sejajar dengan Tempat Adzan Muadzin, dan kita berada disebelah kirinya. Karena itu sudah termasuk area Roudhoh.

8. Setelah memastikan bahwa kita berada di area Roudhoh, lakukan amalan-amalan ibadah sesuai dengan tuntunan yang baik dan benar sambil menunggu waktu Sholat Isya. Pada saat itulah kita bisa memperbanyak ibadah di Roudhoh, setidaknya dari setelah Sholat Maghrib sampai dengan Setelah Sholat Isya kita berada di Roudhoh.

9. Setelah Sholat Isya Selesai, petugas akan menyekat Roudhoh untuk memisahkan jamaah laki-laki dan jamaah perempuan. Karena setelah sholat Isya, Roudhoh akan dibuka juga untuk jamaah perempuan. Pada saat persiapan tersebut kita masih mempunyai kesempatan untuk beribadah di Roudhoh.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sbb :

1. Luruskan niat semata-mata untuk beribadah kepada Alloh SWT.

2. Karena niat kita untuk ibadah, hindari mendorong orang lain pada saat akan menuju Roudhoh apalagi sampai melukai. Percayalah, jika Alloh SWT sudah mentakdirkan kita untuk melaksanakan ibadah di Roudhoh, Insya Alloh akan terwujud.

Semoga Alloh SWT mentakdirkan kita untuk bisa melaksanakan sholat di roudhoh. Aamiin..

One thought on “Tips Sholat di Roudhoh Masjid Nabawi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *